Sunday, April 1

Kentang Menjadi Barang Mewah di Aljazair

Share on :

Di satu pasar di lingkungan Bab El Oued di pusat kota Aljier, antrian panjang terlihat pada Sabtu (31/3) di luar kios seorang pedagang yang menjual kentang dengan harga 65 dinar Aljazair (sekitar 0,88 dolar AS) per kilogram. Harga yang menarik dibandingkan dengan pedagang lain.

Harga itu, sebenarnya, adalah yang paling rendah selama dua bulan belakangan.

Kendati musim panen telah tiba, harga kentang, makanan utama buat rakyat Aljazair, telah melebihi 100 dinar Aljazair (1,35 dolar AS) per kilogram, sementara harganya hanya 45 dinar Aljazair (0,6 dolar) pada Februari.

Kentang telah lebih mirip menjadi "barang mewah", tak bisa diperoleh oleh masyarakat madani.

Pemerintah menyatakan salju tebal pada musim dingin lalu dan kemacetan lalu lintas menghambat petani memanen tanaman mereka dan mengeluarkan simpanan produk mereka.

"Jangan lupa, Aljazair telah menghadapi hujan lebat dan gelombang beku parah yang menghambat beberapa daerah, menghalangi petani pergi ke ladang mereka dan mempengaruhi kemampuan untuk mengangkut produk pertanian ke pasar," kata Menteri Pertanian Aljazair Rachid Benaissa dalam satu pernyataan baru-baru ini.

Pada Februari, Aljazair dilanda oleh gelombang beku yang tak pernah terjadi sebelumnya sehingga merenggut korban jiwa dan kerugian material dalam jumlah besar. Kondisi itu membuat harga sayur-mayur, buah dan gas pemanas melonjak.

Banyak ahli dan operator lokal mengatakan sebagian pedagang membeli sangat banyak kentang dari petani, demikian laporan Xinhua --yang dipantau ANTARA di Jakarta, Ahad pagi. Mereka menyimpan kentang tersebut dan menunggu harga naik sebelum mengirimnya ke pasar, sehingga membuat kentang jadi langka.

"Spekulator cenderung untuk menyimpan kentang, dengan memanfaatkan kekurangmampuan pemerintah dalam melakukan pengendalian," kata pemimpin Serikat Petani Bebas Aljazair Salah Gaid di dalam satu pernyataan yang disiarkan oleh harian setempat El Khabar.

Sumber

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...