Sunday, April 1

Gigitan buaya dua kali lebih kuat dari T-Rex

Share on :

Buaya raksasa punya kekuatan gigit hingga 11,5 ton atau dua kali lebih kuat dibanding Tryrannosaurusrex, demikian hasil temuan para peneliti dari Stony Brook University School of Medicine, New York, Florida State University, Amerika, peneliti dari Australia.

"Buaya dan aligator adalah reptil pemburu terbesar yang masih hidup sampai saat ini, dan penelitian kami menggambarkan salah satu kunci kelangsungan mereka," kata Paul M. Gignac dari Stony Brook University School of Medicine dalam situs resmi kampus itu.

Penelitian yang dipimpin Gregory Erickson dari Florida State University itu mengukur kekuatan gigitan dan tekanan gigi 23 spesies buaya dari genus aligator, buaya, caiman, dan gharial.

Di antara buaya yang diteliti, spesies buaya air asin berukuran 17 kaki (sekitar 5 meter) menempati posisi pertama sebagai reptil berkekuatan gigit terbesar yaitu 3.700 pon (1,85 ton).

Dalam publikasi di jurnal PLoS One, para peneliti menulis hasil penelitian mereka menunjukkan kemampuan binatang dalam bertahan hidup dari masa lalu sekaligus memberi pemahaman tentang evolusi yang membentuk kemampuan binatang.

Sumber

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...