Friday, June 22

Wah, Lapisan Es di Arktik Terus Meleleh

Share on :


London -NASA baru saja merilis gambar Bumi terbaru yang diambil langsung dari luar angkasa. Di gambar itu terlihat lapisan es di Kutub Utara tampak mulai menyusut.

Gambar tersebut mengungkap betapa cepatnya es di wilayah laut Arktik yang tertua dan tertebal mulai menghilang di kecepatan yang sangat cepat. Tampak, ukuran es yang mengambang menyusut drastis selama 30 tahun terakhir. Demikian diwartakan olehDailyMail.

"Ini memberi bukti pada teori Bumi memasuki periode pemanasan global. Cepatnya lelehan es tertua yang ada membuat laut Arktik makin rentan pada penurunan lebih lanjut di musim panas mendatang," kata Joey Comiso, seorang ilmuan senior NASA.

Hasil studi yang ada menunjukkan, lelehan es ini berada di tingkat 15,1% per dekade. “Ketebalan rata-rata es di laur Arktik mulai menurun karena komponen tebal mulai menghilang. Di saat sama, suhu terus meningkat,” lanjut Comiso.

Di sisi lain, Comiso juga menemukan siklus sembilan tahun di mana es laut akan tumbuh selama beberapa tahun.

“Siklus ini harus dipastikan untuk mengetahui adanya pemulihan pada es laut dalam tiga tahun setelah rekor minimumnya pada 2008,” tutupnya. [ikh]

inilah.com

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...