Wednesday, June 20

Google : Hampir 9 Ribu Website Berbahaya Lahir Setiap Hari

Share on :



Google bukanlah sekedar mesin pencari, ternyata hampir selama 5 tahun ini Google juga berprofesi sebagai polisi internet. Di balik kesederhanaannya ternyata Google memiliki satu sistem keamanan canggih yang berfungsi untuk menyaring data setiap website baru maupun website lama yang sudah ter-index dalam databasenya. Google mengklaim bahwa sistem ini sanggup membedakan apakah termasuk website jenis phishing atau mungkin penyebar malware.

Sistem keamanan ini sebenarnya sudah lama ada dalam browser seperti Chrome, Firefox dan safari. Pernahkah Anda mendapati satu peringatan seperti gambar dibawah?



Ya, itu berarti website yang Anda kunjungi dianggap oleh Google sebagai website yang berbahaya. Banyak kasus juga para penyebar malware sengaja membajak website orang lain untuk disusupi code atau script berbahaya buatannya.

Baru-baru ini Google mengatakan bahwa ada sekitar 9 ribu website berbahaya lahir setiap harinya, jenis bahaya yang bisa ditimbulkan umumnya seperti penyebaran virus atau malware hingga phishing site. Menurut data, jenis website yang paling berpotensi menimbulkan ancaman ini adalah jenis website download software, baik software gratis maupun software berbayar namun versi crack atau bajakan. Dari 12-14 juta pencarian, hampir dipastikan ada sekitar 300 ribu hasil yang menampilkan website berbahaya tersebut.

Google tetap menghimbau agar tidak percaya sepenuhnya dengan sistem mereka, mereka menyarankan agar perlindungan terhadap data user tetap harus didukung dengan software khusus seperti antivirus, anti malware dan sejenisnya. Meski demikian, Google tetap akan terus mengembangkan sistem ini mengiringi kemajuan teknologi yang ada.


sumber

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...