Sunday, March 18

Rotasi Venus Kini Makin Lambat

Share on :

Perputaran planet Venus kini makin lambat. Pada dekade 90-an, para ilmuwan menyebut satu hari Venus -waktu yang diperlukan planet Venus untuk menyelesaikan satu putaran- setara dengan 243,018 hari di Bumi.

Kini, misi eksplorasi Venus milik Badan Antariksa Eropa (ESA), Venus Express menyebutkan bahwa perputaran Venus melambat dan satu hari di Venus kini 6,5 menit lebih lama.

Sementara itu para ilmuwan belum mengetahui penyebab perlambatan tersebut. Sue Smrekar, peneliti di Jet Propulsion Lan milik NASA di California semula menduga ada kesalahan data. "Tapi setelah melihat kembali datanya, saya yakin hasilnya benar. Itu berarti sesuatu telah melambatkan perputaran planet tersebut dan kami belum tahu apa itu."

Lamanya hari di Bumi bisa berubah dalam hitungan mili detik tergantung dari angin, pasang-surut dan temperatur. Sue menduga alasan yang sama juga terjadi di Venus. Kemungkinan kerena ketebalan atmosfir Venus dan angin kecepatan tinggi yang menekan perputaran planet.

Planet yang rotasinya berlawanan dengan arah rotasi kebanyakan planet memiliki atmosfir padat yang lebih dari 90 kali tekanan pada permukaan laut di Bumi.

Perubahan yang terjadi di Venus penting diketahui untuk misi-misi di masa datang. Para ilmuwan menggunakan data tersebut untuk merencanakan misi ke planet dan memilih tempat untuk pendaratan. Putaran baru ini menunjukkan bahwa sejumlah hal di Venus berada 20 kilometer lebih jauh dari perhitungan semula.

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...