Sunday, March 18

Robot dan Astronot Bersalaman di Ruang Angkasa

Share on :

NASA untuk pertama kalinya menerbangkan robot humanoid ke ruang angkasa. Di atas sana, robot tersebut bersalaman dengan astronot Amerika Serikat, Daniel Burbank dan mengucapkan salam.

"Harap dicatat, tadi itu salaman yang sungguhan," kata Daniel dalam rekaman video tertanggal 15 Februari 2012 di International Space Station (ISS). "Sangat bagus, pemrograman dan keseluruhan tekniknya bagus. Robot yang mengesankan."

Setelah bersalaman, robot yang dinamai Robonaut 2 atau R2 itu melambaikan tangannya sambil mengucapkan salam "Helo, World!" dalam aksen AS. Pesan tersebut merupakan frase umum yang biasa digunakan dalam pemrograman dan merupakan salam pertama yang disampaikan Robonaut melalui akun Twitter-nya, @AstroRobonaut.

Robonaut 2 bertugas membantu pekerjaan sehari-hari para astronot di stasiun ruang angkasa. Robot buatan NASA dan perusahaan pembuat mobil General Motors ini seharga US$2,5 juta.

"Hari ini merupakan sebuah tahap penting dalam pengembangan R2," kata Ron Diftler, manajer proyek Robonaut 2. "Para kru dan robot bekerja sama dengan sangat baik dan kami menyambut baik semua peluang yang akan lahir dari kolaborasi ini."

Pengiriman R2 dilakukan NASA pada Februari 2011 dalam penerbangan terakhir pesawat ulang-alik Discovery. Robot tersebut terdiri dari badan, tangan, dan kepala yang dilengkapi kamera. Tingginya mencapai 1,01 meter dan bobotnya sekitar 150 kilogram.

Para astronot di stasiun ruang angkasa menyalakan robot pada bulan Agustus dan mencobanya untuk pertama kali. NASA juga punya kembaran R2 yang dioperasikan di Bumi untuk keperluan uji lapangan, untuk mengetahui kemampuannya bergerak di medan yang berbeda-beda.

Di ISS, uji coba tahap berikutnya akan dilakukan untuk mengecek kamera bawaan R2. Kamera tersebut memungkinkan pengendali R2 untuk melihat apa yang dilihat robot dan juga digunakan oleh robot itu sendiri untuk memeriksa hasil pekerjaannya.

Begitu uji coba kamera lolos, para teknisi NASA akan menguji kemampuan robot untuk memutar saklar, menekan tombol, dan tes kecekatan lainnya terkait tugas-tugas yang ada di ISS.

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...