Saturday, July 14

Awas !! Kecantikan Hilang Gara-Gara Stress !!

Share on :


Stres yang dialami setiap orang terlebih perempuan tidak hanya akan mengganggu kesehatan melainkan juga dapat mengakibatkan 'hilang'nya kecantikan.

"Stres berlebihan membuat kecantikan cepat memudar dan tubuh mudah jatuh sakit,” kata Dokter Spesialis Kejiwaan RS Premier Bintaro Dr Yenny DP Sp KJ, dalam bincang sehat 'Tampil Cantik dan Bugar’ di RS Premier Bintaro Tangerang.

Dr Yenni menjelaskan, stres yang disebabkan faktor lingkungan, keluarga atau memang karena proses penuaan berdampak pada kecantikan. Perempuan yang stres cenderung bernafas cepat, dangkal dengan hidung mulut kering dan bibir pecah-pecah.

"Stres yang kronis membuat gairah menurun, sakit kepala, letih, depresi dan susah tidur. Saat stres kita mengungkapkan dengan kemarahan dengan menggeratakkan gigi, mengencangkan rahang, otot leher tegang yang mempengaruhi penampilan dan kecantikan," jelas Dr Yenni.

Halau stres, kecantikan datang

Baik depresi berat maupun ringan, harus tetap diwaspadai dan ditangani dengan segera. Karena bukanlah mustahil depresi ringan dapat meningkat menjadi depresi berat yang bisa 'memangkas' habis aura kecantikan Anda.

Nah, untuk tetap tampil cantik dan bugar, berikut tips cantik tanpa stres ala Dr Yenny:

Lakukan relaksasi

Duduk berbaring dengan posisi nyaman. Pejamkan mata, lemaskan seluruh otot mulai dari wajah, mulut, rahang, leher, dada, perut, pinggul sampai kaki.

Pusatkan perhatian pada pernafasan lalu tarik nafas hembuskan. Rubah pola nafas dadal yang pendek dan tegang menjadi pernafasan perut yang dalam dan santai.

Kenali diri sendiri dan berpikir positf

Hal ini dilakukan agar tahu hal apa saja yang dapat membuat stres, dengan mengenali diri sendiri kita dapat mengatur diri sendiri, menciptakan irama hidup yang teratur, dan berusaha untuk konsisten dengan irama tersebut, serta selalu berfikir positif dengan tidak memikirkan kekurangan diri sendiri.

Memulai hidup sehat

Berarti menghindari pemicu gangguan seperti makanan berlemak, junk food, rokok, begadang, alkohol, dan lain-lain, karena gaya hidup tidak sehat membuat tubuh rentan bila terkena stres

Olahraga teratur

Karena dapat melancarkan peredaran darah sehingga tubuh menjadi lebih segar dan sehat, nutrisi yang dikonsumsi akan mengalir ke dalam tubuh dengan lebih baik

Makan untuk kenyamanan dan kegembiraan

Tinggalkan diet yang terlalu ketat dengan pola makan 80/20 artinya 80 persen makanan bergizi mengandung protein seperti ikan, ayam, susu. 20 persen makanan lain seperti bikuiy. Cokelat, es krim, kripik. Untuk cegah osteoporosis cukupkan makan buah dan sayur.

Bersantai tanpa merasa bersalah

Tindakan ini akan memperbaharui energi bukan berarti hedonisme atau memuja kepuasan diri sebagai cara hidup. Bisa dilakukan dengan cara nonton film, pergi ke toko buku, makan makanan masa kecil.

Mengembangkan kreativitas

Artinya membuka pikiran, hati terhadap berbagai imajinasi yang dituntun suara hati. Individu yang mengikuti dorongan hati akan menemukan kegembiraan, ketenangan, kebebasan dalam menyelami diri sendiri.


Sumber

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...