Tuesday, July 3

9 Fakta Menarik Kelahiran Apple iPhone

Share on :

Tahun ini genap 5 tahun Apple iPhone dilahirkan. Smartphone tersebut sejak kelahirannya telah mencetak sukses penjualan besar sampai sekarang.

Kehadiran smartphone full layar sentuh itu digagas oleh mendiang Steve Jobs. Ia ingin agar Apple juga sukses di pasar ponsel cerdas setelah sebelumnya menggebrak industri pemutar musik portabel dengan iPod.

Berikut beberapa fakta menarik seputar kelahiran iPhone, seperti detikINET kutip dari Business Insider, Senin (2/7/2012).

1. iPhone digagas tahun 2002

Diluncurkan pada tahun 2007, ide tentang Apple iPhone sejatinya sudah muncul pada tahun 2002. Mendiang Steve Jobs memikirkan konsep iPhone pada tahun tersebut karena dia memprediksi produk mobile akan semakin canggih dan membuat iPod tidak lagi diminati.

Namun baru sekitar tahun 2005 konsep iPhone mulai dipikirkan secara serius. Sampai akhirnya handset berbasis iOS itu menggebrak pasar 2 tahun kemudian.

2. Sempat ingin duet dengan Motorola

Steve Jobs pada awalnya sempat ingin bekerja sama dengan Motorola dalam pembuatan ponsel Apple. Jobs rupanya terkesan dengan produk Motorola Razr yang menuai sukses besar di pasaran sekitar tahun 2005.

Namun belakangan, Jobs merasa tidak puas dengan produk besutan Motorola yang dianggapnya menjadi kurang bagus. Sehingga akhirnya Apple sepenuhnya membuat ponsel sendiri.

3. Membuat jaringan selular sendiri

Berkenaan dengan pemasaran iPhone, Jobs punya ide untuk membuat jaringan selular sendiri sehingga tidak perlu menggandeng operator dalam pemasarannya. Jobs pun mencari cara untuk mendirikan operator selular dengan spektrum Wi Fi.

Namun karena satu dan lain hal, ide tersebut tidak jadi dilakukan. Apple akhirnya menggandeng operator AT&T dalam pemasaran perdana iPhone di Amerika Serikat.

4. Sempat akan dinamai iPad

Sebelum memutuskan memberi nama iPhone pada ponsel kebanggaannya, Apple pun sempat mempertimbangkan berbagai macam nama. Salah satunya iPad.

Namun akhirnya, nama iPhone yang dipilih. Sedangkan iPad, seperti diketahui, menjadi nama komputer tablet Apple yang diluncurkan beberapa tahun sesudah kehadiran iPhone.

5. Nama iPhone bukan milik Apple

Apple tidak menyadari bahwa nama iPhone ternyata sudah dipatenkan oleh perusahaan teknologi Cisco. Cisco kemudian menggugat Apple karena merasa patennya digunakan tanpa izin.

Jobs turun tangan sendiri berunding dengan pimpinan Cisco sehingga Apple boleh menggunakan nama iPhone. Negosiasi tersebut akhirnya berhasil beberapa minggu setelah gugatan dilayangkan sehingga Apple bisa memakai nama iPhone.

6. Sempat akan punya keyboard fisik

Seorang pengamat teknologi bernama Tony Fadell mendapat informasi bahwa Apple sempat secara serius mempertimbangkan disertakannya keyboard fisik di iPhone. Mungkin karena kala itu, keyboard fisik sedang jadi tren.

Konon, sempat terjadi perdebatan panjang soal hal itu. Namun akhirnya, Apple memutuskan iPhone murni dibuat layar sentuh.


7. Jobs sempat alergi App Store

Toko aplikasi App Store menuai sukses besar. Siapa sangka pada awalnya ide App Store sempat urung diluncurkan karena Steve Jobs tidak menyukainya.

Jobs awalnya tidka senang ada pihak luar yang akan menciptakan aplikasi untuk iPhone karena aplikasi tersebut bisa jadi tidak bagus dan mengandung virus. Namun akhirnya Jobs merestui App Store setelah berbagai diskusi dengan petinggi Apple.

8. Sambutan iPhone terpecah

Cukup banyak media dan pengamat teknologi skeptis iPhone akan sukses, meski tak sedikit yang meyakini sebaliknya. Ulasan di New York Times menyebutkan iPhone adalah perangkat revolusioner namun punya banyak kelemahan.

Sedangkan situs Cnet menilai iPhone generasi awal tidak punya fitur lengkap, seperti 3G. Namun iPhone tetap menuai sukses besar di pasaran.

9. 74 hari untuk sejuta iPhone terjual

iPhone generasi pertama tidak langsung sukses. Butuh waktu sampai 74 hari bagi Apple untuk meraih penjualan sejuta unit iPhone. Namun perlahan lahan, iPhone mulai diminati.

Generasi iPhone selanjutnya semakin laris. Pada kuartal kedua 2012 saja, Apple tercatat menjual 35 juta unit iPhone.

sumber

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...