Sunday, June 10

Yuk, Lihat Pintu Neraka di Amerika

Share on :

Mungkin terlalu berlebihan bila tempat ini disebut "pintu neraka", karena sesungguhnya goa Cavern of Death adalah kuil bawah tanah. Memang, cara masuknya harus melewati pintu goa dan terowongan yang dalam.



Namun, demikianlah masyarakat di desa Liyobaa, provinsi Zapoteca menyebutnya. Cavern of Death ini milik suku indian yang dipaksa untuk 'dibuka' oleh para penakluk dari Spanyol.

Di dalam kuil bawah tanah ini terdapat empat ruang utama, yakni:

Ruang bawah tanah pertama merupakan salah satu ruangan yang diperuntukkan untuk pengorbanan manusia. Dindingnya sejajar dengan berbagai gambar dari representasi yang mereka sebut sebagai Dewa. Sebuah batu yang berlumuran darah berada di tengah ruangan digunakan sebagai altar untuk penyembelihan korban manusia yang masih hidup.

Lalu ada pintu dalam ruang pertama tadi yang menghubungkan ke tempat mayat-mayat diawetkan. Berikutnya, pintu ketiga yang menyambung pada kubah bawah tanah ketiga, tempat tubuh-tubuh yang diawetkan dari semua raja-raja Theozapotlan.



Ruang terakhir memiliki pintu lain yang tertutup oleh lempengan batu besar. Melalui pintu belakang lempengan batu itu ditempatkan tubuh semua pengorbanan manusia serta tubuh semua bangsawan dan para ksatria yang tewas dalam pertempuran.

Menurut legenda setempat, ketika seseorang sedang terserang penyakit tak tersembuhkan atau tertindas oleh kemiskinan yang membuat mereka mencari kematian, mereka akan datang kepada imam tinggi untuk meminta ijin memasuki Cavern of Death saat masih hidup. Mereka percaya bahwa jika mereka melakukannya, mereka akan bahagia di akhirat.

Karena itulah yang menjadi alasan tempat ini disebut "Pintu Neraka".

sumber

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...