Friday, June 1

Pelangi Fenomena Alam Pemberi Inspirasi

Share on :

Siapa yang tidak mengetahui atau belum pernah lihat pelangi? Sebagai fenomena alam yang terjadi di langit pada saat hujan atau setelah turun hujan. Mengapa demikian agaknya tidak berlebihan blogger kali ini membuat judul pelangi fenomena alam pemberi inspirasi terutama bagi pelaku bisnis, seniman mulai pelukis penyanyi sampai penulis novel yang kemudian dijadikan film yang terkenal.

Karena dengan memandang pelangi yang sangat indah di pandang menghasilkan inspirasi dan ide bahkan sejak zaman kuno pelangi menjadi bahan cerita, dongeng sampai kepada penjelasan ilmiah sebagai bagian dari ilmu optik yaitu ilmu yang mempelajari tentang cahaya. Sama halnya dengan dengan astrologi yang ingin bergabung dengan astronomi.

Penjelasan sains banyak dibahas dalam teks books yaitu untuk pelajaran fisika anak-anak SMP dan SMA kira kira sebagai berikut Pelangi adalah sebagai fenomena alam yang terjadi di atmosfer diakibatkan oleh dispersi atau penguraian sinar matahari sebagai sinar polycromatic oleh tetesan air hujan. Cahaya sebagai satu satunya gelombang elektromagnetik yang bisa dilihat memiliki tujuh spektrum warna yaitu merah jingga kuning hijau biru nila dan ungu. Tiap-tiap spektrum warna memiliki panjang gelombang serta frekuensi berbeda, ibdeks bias juga berbeda sehingga ketika sinar matahari memasuki tetesan air hujan akan dibiaskan dengan sudut kemiringan berbeda sehingga terjadi penguraian.

Berikut adalah sejumlah hasil karya yang terinspirasi pelangi

1. Kalangan pebisnis, banyak nama perusahaan yang bergerak diberbagai bidang termasuk hotel, resort dan vila memakai kata pelangi nampaknya kata pelangi ini karena sebagai pemberian dari alam tidak ada hak paten untuk memakai nama pelangi di sebagian nama perusahaan mereka.

2. Pembut puisi, puisi sebagai suatu karya sastra banyak yang melukiskan keindahan pelangi dengan sanjungan kata yang pada akhirnya menyanjung keindahan dan kekuasaan penciptanya

3. Pencipta lagu, lagu yang diciptakan oleh jamrud yaitu grup musik yang sempat tenar tahun 90-an itu terdapat lirik “ ada pelangi di bola mata mu”. Sebelum lagu jamrud terkenal anak TK juga mempunyai lagu wajib yaitu “pelangi-pelangi”. sebagi karya seni dalam liriknya memakai pelangi blogger tidak tahu pasti apakah mereka terinspirasi oleh pelangi atau atau hal lain yang lebih indah dari pelangi.

4. Kalangan seniman, misalnya banyak lukisan yang menggambarkan pelangi mungkin karena keindahannya tidak bisa dilukiskan oleh kata-kata maka mereka menuangkannya dengan coretan kuas di atas kanvas. Hal serupa dilakukan pula oleh para fotoghrafer yang mengabdikan pelangi ini dalam satu jepretan foto.

5. Dalam novel, yang ditulis oleh Andrea Hirata berasal dari kisah nyata yang kemudian dibuat film yaitu laskar pelangi adalah sebuah karya anak bangsa yang sangat fenomenal di abad ini. Karena nover tersebut selain menginspirasi juga memberikan motivasi terutama untuk kalangan muda di Indonesia yang mengalami keterbatasan seperti dalam tokoh-tokoh yang ada dalam novel tersebut sehingga terjual lebih dari 200 ribu eksemplar sehingga termasuk ke dalam best seller. Dimana dalam cerita tersebut memperlihatkan karakter kerja keras, rajin belajar, setia kawan dan gigih menghadapi tantangan

Nah itulah pembahasan blogger mengenai Pelangi Fenomena alam pemberi Inspirasi karena blogger sendiri jadi ada ide setelah memandang pelangi buat posting kali ini (Ini pelangi betulan lho bukan pelangi di bola mata) . Bila ada kurang atau lebih silakan tulis di kolom komentar.

sumber

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...