Wednesday, June 20

Fungsi Terselubung Dari Google

Share on :



Banyak dari kita menggunakan mesin pencari google sehari-hari tetapi apakah agan2 tahu bahwa google juga merupakan alat yang ampuh unntuk hal-hal lain? Ada beberapa trik sederhana namun hebat hasilnya yang dapat agan gunakan ketika mencari dengan menggunakan fitur-fitur Google.

1. Gunakan Google sebagai kalkulator.


Google telah memiliki built-in calculator, dengan memasukkan kunci perhitungan seperti ini misalnya:
270 * (55 / 5 + 3),
anda akan melihat hasilnya:
270 * ((55 / 5) + 3) = 3 780
komputer anda juga telah dilengkapi calculator, tetapi jika anda hanya tinggal mengetik perhitungan anda saja ke dalam kotak pencarian browser, maka tentu saja hal ini jauh lebih cepat daripada membuka aplikasi calculator anda.

2. Gunakan google sebagai alat pemeriksa ejaan.


Jika anda tidak yakin mengenai ejaan suatu kata, cukup masukkan kata ke google, ini adalah cara yang cepat untuk melihat apakah anda memiliki ejaan yang benar. Jika tidak benar, Google akan menyarankan ejaan kata yang benar. Selain itu, jika anda ingin mendapatkan definisi dari suatu kata, anda dapat menggunakan “define:” Hal ini untuk mengfungsikan Google sebagai kamus. Contoh penulisannya:
define: Parasympathetic

3. Gunakan kata “site:” untuk membatasi pencarian ke situs tertentu.

Banyak situs telah built-in tools pencarian tapi sebagian besar tidak dapat merepon dengan hasil yang sesuai dengan yang anda cari. Misalnya andan mencari David Beckham di situs fubkydowntown.com, anda dapat mencoba untuk mencari dengan cara ini:
david beckham site:funkydowntown.com
semua posting dengan kata kunci david beckham akan muncul dalam hasil pencarian.


4. Mengecek waktu pada saat yang bersamaan di wilayah / negara lain.



Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengecek waktu saat ini suatu negara atau kota lain dimanapun juga, sehingga anda tidak tidak salah waktu ketika anda menelepon seseorang, atau untuk urusan penting lainnya. Untuk mengecek waktu, cukup masukkan “time” diikuti dengan nama kota/wilayah. Sebagai contoh:
time California

5. Sebagai alat konversi mata uang yang cepat.

Google juga dapat melakukan konversi mata uang, misalnya:
150 pounds in dollars


6. Menganalisa kata kunci pada situs tertentu

Hal ini dapat berguna jika Anda sedang melakukan suatu pencarian, tapi Anda tidak yakin kata kunci apa yang tepat untuk dimasukkan ke mesin Google. Anda dapat menggunakan kata kunci “site:” Misalnya, Anda bisa mencoba pencarian ini:
“creative ideas” site:funkydowntown.com

7. Memberi pengecualian khusus pada kata yang diberi tanda ‘ – ‘

Anda dapat mempersempit pencarian Anda dengan menggunakan tanda tersebut. Misalnya, jika Anda mencari informasi tentang David Beckham tetapi tidak ingin tahu apa-apa tentang Victoria hanya karena Anda tidak cantik seperti Victoria (hahahaha!), Anda dapat mencoba:
“david beckham” –victoria

8. Mencari dokumen yang spesifik

Google dapat mencari di web untuk jenis file-file tertentu dengan menambahkan tanda “:” Jika Anda sedang mencari file PowerPoint tentang Make Money Online, misalnya, Anda dapat mencoba:
Make money online filetype:PPT

9. Mencari dalam rentang numerik tertentu dengan menggunakan tanda “..”

Jika Anda ingin mencari informasi tentang Piala Dunia Sepak Bola peristiwa yang terjadi di tahun 1980-an, Anda bisa menggunakan pencarian ini:
World cup soccer 1980..1990

10. Mencari kode area telepon

Pengen tahu kode area telepon tertentu? Google bisa memberitahu Anda dan bahkan juga bisa menunjukkan peta wilayah tersebut. Sebagai contoh, ketikkan: 415

Sumber

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...