Saturday, September 15

iPhone 5 Smartphone Tertipis dan Teringan di Dunia

Share on :

iPhone 5 merupakan smartphone generasi keenam besutan Apple. Banyak perubahan desain iPhone 5 yang signifikan dibandingkan iPhone 4s. iPhone 5 hadir dengan Spesifikasi ketebalan hanya 7,6 mm dan bobot 112 gram. iPhone 5 dibekali layar 4 inci dan prosesor system on chip (SoC) A6 yang disebut dua kali lebih kencang dibanding prosesor A5 di iPhone 4S. Bila merujuk pada bobot smartphone kompetitor Apple yang sekelas, seperti Samsung Galaxy S III mempunyai bobot 133 gram, HTC One X 130 gram, sedangkan Sony Xperia T 139 gram. Dengan berat 112 gram, iPhone 5 diklaim sebagai smartphone teringan dibanding ketiga smartphone tersebut. Sedangkan untuk Galaxy S III punya ketebalan 8,6 mm, HTC One X 8,9 mm, dan Xperia T 9,35 mm.

Adapun iPhone 5 menjadi smartphone tertipis dengan ketebalan 7,6 mm. Apple mengubah ukuran layar pada iPhone 5 menjadi 4 inci dengan aspek rasio 16:9 sehingga fisiknya terlihat memanjang. Seperti kita ketahui Selama 5 tahun, jajaran produk iPhone generasi pertama hingga iPhone 4s selalu dibekali layar seluas 3,5 inci dengan aspek rasio 4:3.

Untuk dapur pacu, iPhone 5 dibekali prosesor system on chip (SoC) A6. Apple mengklaim prosesor A6 memberi performa grafis dan kecepatan lebih cepat dua kali lipat dibanding prosesor A5 pada iPhone 4S. Apple telah membekali iPhone 5 dengan sistem operasi mobile iOS terkini, yakni versi 6. iPhone 5 mendukung konektivitas jaringan seluler nirkabel tercepat saat ini, Long Term Evolution (LTE), dengan sebuah cip tunggal, radio tunggal, dan antena "dinamis." Dock konektor pada iPhone 5 juga dibuat lebih kecil jika dibandingkan iPhone 4S, iPod Touch, dan iPad generasi ketiga.

Dari ukuran 30 pin, diubah menjadi 8 pin. Meski demikian, Apple menyediakan adaptor penghubung dari dock konektor 8 pin ke 30 pin agar aksesori lama masih bisa digunakan.


iPhone 5 memiliki sensor kamera 8MP iSight, sama dengan yang dimiliki iPhone 4S. Selain sensor mega pixel, bukaan lensa kamera pada iPhone 5 dan iPhone 4S juga sama, yakni f/2.4, terdiri dari lima elemen lensa dan disertai lampu LED flash. Perbedaan dengan iPhone 4S yaitu pada iPhone 5 memiliki kamera yang lebih kecil, namun dapat menangkap gambar 40% lebih cepat ketimbang iPhone 4S. Perbedaan lainnya, lima elemen lensa pada kamera iPhone 5 menggunakan kristal safir yang lebih tipis dan lebih tahan lama dibandingkan kaca.

Apple juga memanfaatkan performa prosesor A6 yang ada di iPhone 5, untuk mengurangi meningkatkan kinerja di tempat bercahaya rendah, dan meredam bising saat digunakan untuk merekam video beresolusi 1080p. Selain itu Apple juga memperbarui perangkat lunak pada kamera iPhone 5. Ada modus baru panorama yang memungkinkan pengguna untuk mengambil pemandangan luas. Perangkat lunak kamera juga dapat mendeteksi hingga 10 wajah, dan kemampuang mengambil foto saat sedang merekam video.

sumber
Tak hanya kamera belakang, Apple juga memperbarui kamera depan iPhone 5 yang mampu merekam video beresolusi 720p.

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...