Monday, September 10

Duel Hachback Rising Star - Mazda2 R A/T vS Ford Fiesta S A/T

Share on :

BosMobil.com - Mungil, lincah, irit Bahan Bakar Minyak (BBM) tapi mampu mengangkut banyak barang bawaan, sejatinya itulah pertimbangan para keluarga muda atau pelajar dan mahasiswa kala menentukan kendaraan apa yang akan jadi mobil pertama mereka.


Di pasar otomotif dalam negeri, kategori seperti itu ada pada mobil yang bercokol disegmen hatchback. Dua diantaranya diisi oleh Mazda2 dan Ford Fiesta. Kedua hatchback ini memang menarik untuk dicermati lebih dalam. Pasalnya baik Mazda2 maupun Ford Fiesta, belakangan ini seolah jadi primadona baru disegmen yang selama bertahun-tahun dikuasai oleh trio pabrikan Jepang, Honda Jazz, Toyota Yaris, serta Suzuki Swift.

Lantas apa kelebihan dan kelemahan antara Mazda2 dengan Ford Fiesta? Berikut sedikit komparasi ala tim BosMobil.com pada varian tertinggi kedua mobil ini: Mazda2 R A/T, dan Ford Fiesta 1.6 S.

Desain

Melihat desain Mazda2 dan Ford Fiesta, rasanya kedua mobil ini memang pantas dipinang oleh mereka yang usia muda atau masih berjiwa muda. Dengan dimensi 3.913mm x 1.695mm x 1.470mm Mazda2 menawarkan eksterior yang stylish mulai dari lampu depan, front grill, bagian sisi kanan dan kiri, hingga bentuk buritan yang sexy. Hatchback Jepang itu tampil serba membulat dengan garis-garis desain yang seakan tak putus mulai dari front facia hingga ke bumper belakang.



Lain mazda2, lain Ford Fiesta. Si pendatang baru asal Negeri Paman Sam tersebut malah menawarkan desain yang tak cuma stylish tapi juga kental dengan nuansa sporty. Desainnya jauh lebih dikenal dengan sebutan "Kinetik Design".

Lihat saja desain head lamp yang serba meruncing dipadu rear lamp yang futuristik mengentalkan aura sporty dari hachback besutan Ford tersebut. Sementara bagian sisi dari Fiesta malah tampil stylish dengan tarikan garis yang berkarakter namun tidak terlalu menyiku. Hal lain yang memberikan point lebih pada Fiesta adalah material bodi yang digunakannya. Tubuh gambot dan bodi padatnya terlapis lebih kurang 55 persen bahan baja Baron yang menjadikan Fiesta mendominasi dalam hal kulitas material.
Tema stylish juga bisa ditemui ketika masuk ke dalam kabin dua mobil yang sama-sama di produksi di Thailand ini. Mazda2 menyajikan interior berwarna hitam, dashboard dibentuk senada desain eksterior yang serba membulat, dibagian tengah ada LCD touch screen sebagai sumber sistem hiburan. Sedangkan untuk desain spidometernya terbilang cukup simple hanya saja indikator dibuat sporty dengan mengguankan warna merah.

Untuk Fiesta datang dengan desain dashboard futuristik yang menawarkan sisi modern lengkap dengan fitur mewah dikelasnya. Sama dengan Mazda2 Fiesta juga turut menghadirkan warna gelap dengan tatanan Multi Information Display (MID) yang menjorok ke dalam dan segaris dengan panel sistem entertaimentnya. Desain speedometer terlihat cukup stylish yang dihiasi dengan list berwarna silver.

Desain yang sama-sama stylish, namun dengan adanya material bodi yang matang menjadikan Fiesta unggul menjadi 0:1.

Performance

Baik Mazda2 maupun Ford Fiesta yang tim uji kali ini, keduanya merupakan varian tertinggi. Meski bermodal mesin dengan kapasitas silinder yang berbeda, tapi kami anggap keduanya punya derajat yang serupa.

Mazda2 R A/T menyimpan mesin MZR 1.498 cc In-line 4 cylinder DOHC 16 katup berteknologi Sequential Valve Timing (S-VT) serta Electronic Throttle Control (ETC). Dengan kompresi 10.0 : 1, Mazda2 sanggup meluapkan tenaga 103 PS pada 6000 RPM dengan torsi puncak 135 Nm di 4000 RPM.

Menggunakan teknologi Electric Power Assist Steering (EPAS), handling Mazda2 cukup baik diajak meliuk diantara padatnya jalan raya Ibukota. Suspensi depan menggunakan independent MacPherson struts dan torsion beam di bagian belakang mampu meladeni putaran lingkar kemudi sehingga body mobil tidak limbung. Apalagi Mazda2 penggunakan velg 16 inch aluminium alloy wheels 5 spoke yang dibalut ban 195/45 R16. Kaki-kaki terasa mampu melekat cukup erat dengan aspal sehingga gejala limbung terasa minim. Apalagi jarak sumbu roda Mazda2 hanya 2493 mm yang makin membuatnya lebih lincah.

Tim merasakan Mazda2 responsif di putaran bawah, karakter ini cocok sekali dengan kondisi jalan perkotaan yang lebih banyak stop and go. Mengendarai Mazda2 juga begitu menyenangkan sehingga mereka yang masih pelajar pun bisa begitu menikmatinya. Sistem transmisi 4-speed matic yang diusungnya sanggup membawa Mazda2 melesat 0-100 km/jam dalam 11.24 detik sementara fitur Electronically controlled Fuel Injection membuat konsumsi BBM dalam pemakaian didalam kota tercatat 11,5 km/liter.

Sementara Ford Fiesta yang memiliki kapasitas lebih tinggi dengan memboyong mesin Duratec 4 silinder DOHC 16V-TiVTC berkapasitas murni sebesar 1,596cc dan dikalim mampu menghempaskan tanaga kuda sebesar 120 hp pada 6.000 rpm dengan torsinya mencapai 152 Nm di rpm 4000 jelas Fiesta memang cukup unggul dalam hal performa.

Saat tim melakukan pengetesan, Fiesta mampu melaju dari titik 0-100 kpj dalam kurun waktu 10.91 detik, sementara untuk top speednya walau terasa cukup lamban diputaran bawah namun nafas panjang pada putaran atas mampu mendorong fiesta berlari hingga mendekati angka 190 km/jam.

Sisi handlingnya terbilang mempuni dengan menganut pelek alloy 16" yang sama dengan Mazda2 lengkap dengan Rack & Pinion with Electronic Power Assisted Steering dan kaki-kaki Independent McPherson Strut pada bagian depan dan Semi Independent Twist beam with Coil Spring di belakangnya. Ketika diajak bermanuver pun, Fiesta terasa begitu enteng menahan bantingan stier. Namun sayangnya Fiesta memiliki jarak sumbu roda sedikit lebih besar ketimbang Mazda2 yaitu 2640 yang membuatnya sedikit kaku.

Sedangkan fitur Electronic Multipoint Fuel Injection yang diusung oleh Fiesta terbukti mampu memberikan efek efesiensi pada pemakaian luar kota yang mencatat angka hingga 14,6 km/liter sedangkan di dalam kota meraih 11,2 km/liter hal ini tentunya didasarkan dengan cara mengemudi baik yang pasif maupun agresif.

Ungul dalam hal kelincahan dan juga tingkat konsumsi di dalam kota memberikan Mazda2 angin segar atas pengujian yang kami lakukan, akan tetapi dalam hal performa Mazda2 harus sedikit megalah pada Fiesta, Karena kesimbangan ini kami memberikan skor perbedaan yaitu 1:0 untuk Mazda2 dalam urusan handling, dan 0:2 untuk Fiesta dalam urusan performanya.

Comfort
Sebagai kendaraan untuk mereka keluarga muda yang rata-rata baru memiliki satu anak, Mazda2 dan Ford Fiesta tentu harus sanggup lolos dalam kriteria tingkat kenyamanan yang tinggi. Tim BosMobil pun membandingkannya diantara kedua mobil tersebut.

Mazda2 menawarkan kenyamanan berupa kabin yang lapang. Jok pengemudi dan penumpang depan memang tidak berbentuk semi bucked tapi cukup nyaman untuk menopang tubuh meski harus berlama-lama melintas di tengah kemacetan. Untuk jok penumpang belakang masih menyisakan jarak yang cukup lebar antara lutut penumpang belakang dengan jok baris depan. Bahan fabric yang digunakan memang membuat interior Mazda2 kurang mewah, tapi bagian ini bisa disiasati dengan membungkus jok tersbeut dengan bahan kulit sintetis bertekstur lebih halus.

Bagi mereka yang punya satu anak dan terkadang berpergian dengan baby sitter Mazda2 mampu mengakomodir kebutuhan tersebut. Si Buah Hati dan pengasuhnya masih merasa nyaman walau duduk di bangku belakang sembari sang ayah berkendara ke pusat-pusat perbelanjaan ternama kala akhir pekan. Apalagi, Mazda2 memiliki banyak glove box yang bisa dipakai meletakkan makanan atau minuman ringan.

Tak perlu ragu pula dengan barang bawaan perabotan anak. Tinggal masukkan ke dalam bagasi berukuran 250 liter milik Mazda2, maka ruang kabin bebas gangguan barang bawaan. Bagasi yang lapang ini juga tentu menjadi nilai tambah untuk para pelajar yang biasanya membawa banyak barang untuk aktifitas ekstra kurikuler mereka.

Urusan kenyamanan Ford Fiesta tak mau kalah memanjakan penumpang di bagian depan dengan ruang yang cukup lapang, akan tetapi di baris kedua Fiesta harus sedikit kehilangan kenyaman karena rung kaki yang lebih pendek dan model jok yang miring dan konon membuat penumpang belakang sedikit tak nyaman ketika harus menempuh perjalanan jauh. Bahan material Fabric Sport Type menjadikan Fiesta 1.6 ini sedikit lebih lux ketimbang Mazda2, sedangkan untuk perjalana jarak jauh yang mengharuskan membawa banyak bawaan akan tertampung di dalam ruang bagasi yang memiliki dimensi 281 liternya, tak hanya itu glove box Fiesta juga terbilang banyak bahkan di bawah bangku penumpang depan terdapat sebuah kotak yang mampu menampung sendal maupun sepatu atau barang bawaan lainnya.
Sedikit miris memang memberikan penilaian kedua mobil ini bila dilihat dari sisi kenyamanan, walaupuan ada plus minusnya namun kami rasa cukup berimbang karena bila dilihat dari segi kebutuhan pastinya akan sangat relatif bukan, agar adil kami memberikan skor 0:0 untuk keduanya.

Fitur

Selain desain dan kenyamanan, fitur-fitur unggulan merupakan hal yang sering kali dilihat oleh para pasangan muda atau pelajar yang ingin meminang sebuah mobil untuk mereka pakai sehari-hari. Karenanya baik Mazda2 maupun Ford Fiesta berebut perhatian calon konsumen dengan dijejalkannya beraneka fitur mutakhir.

Mazda2 R A/T menonjolkan Mazda Smart Entertainment System berupa LCD touch screen 7 inci high resolution SVGA. Layar monitor ini yang mampu menyajikan hiburan berupa Radio, DVD/VCD/MP3/MP4, Virtual CD for 6 CDs, TV Tuner, iPod Adaptor, USB connection. Bahkan perangkat entertaimen in car mazda2 dilengkapi juga dengan koneksi SD Card dan Bluetooth with A2DP. Ketika tuas transmisi matiknya dipindahkan keposisi "R" maka layar akan berubah menjadi Parking Camera.

Pada lingkar kemudi terdapat audio control steering switch. Setir Mazda2 juga sudah punya fitur tilt steering. Keyless entry with immobilizer, Antilock Brake system (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD), Brake Assist (BA), Dual SRS Airbags di pengemudi dan penumpang depan serta "Triple-H" safety construction & Mazda Advanced Impact Distribution and Absorption System (MAIDAS) body structure jadi fitur andalan Mazda2 yang berguna menjamin keselamatan pengemudi dan penumpang di dalamnya.

Walau kini dibekali LCD touch screen 7 inci sebagai perangkat hiburan dengan fitur yang lengkap, Mazda2 masih kalah oleh fitur voice control yang diusung Ford Fiesta. Voice control menjadikan audio system Ford Fiesta dapat dikendalikan lewat perintah suara. Dan bukan itu saja, ada pula fitur Voice Command telah terbukti membawa Ford Fiesta meraih Rekor MURI untuk Konferensi Telepon Jarak Jauh di dalam Mobil Ford Fiesta Secara Bersamaan dari 4 Kota Besar dengan Menggunakan Sistem Komunikasi Audio".

Skor pun berubah jadi 1 : 3 untuk Mazda2 dan Ford Fiesta.

Price
PT Mazda Motor Indonesia (MMI) menawarkan Mazda2 R A/T dengan harga Rp.212,2 juta on the road Jakarta. Dengan banderol ini Mazda2 menawarkan desain yang stylish, interior yang simple tapi lapang, serta performa yang baik diputaran bawah.

Sementara Ford Fiesta S A/T yang memiliki nilai lebih dari desain dan bahan material bodinya. Selain itu urusan untuk Fitur dan performa di putaran atas Fiesta juga memiliki kelebihan yang patut dipertimbangan, untuk itu rasanya cukup jamak bila Ford membandrol Fiesta S ini dengan harga Rp.222,8 juta OTR Jakarta.

Urusan harga, Mazda2 lebih bersahabat dengan kantong masyarakat Indonesia, sehingga skor akhir berubah jadi 2 : 3 untuk Mazda2 dan Ford Fiesta.

sumber

Reaksi:

1 komentar:

:10 :11 :12 :13
:14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21
:22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29
:30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37
:38 :39 :40 :41
:42 :43 :44 :45
:46 :47 :48 :49
:50 :51 :52 :53
:54 :55 :56 :57
:58
  1. Bagus nih infonya sob. thx ya

    oh iya demi mempererat tali silaturahmi, mari kita tukar link, mau tidak ?

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...