Thursday, May 24

Forum Diskusi : Layakkah Polisi Disogok ?

Share on :

pada kesempatan yang berbahagia ini ane mengangkat topik "layakkah polsi disogok ?". jujur nih sobat, setiap malam ane sering susah tidur gara2 mikirin ulah polisi yang dengan gampangnya disogok, bukan karena ane terlalu mikirin hal ini, tapi karena banyak nyamuk (lhoo???). back to topik. pada saat ane nulis nih artikel , sebenarnya ane agak ga enak sama kakak ane yang kebetulan dia seorang polisi berpangkat briptu (bukan briptu noorman --") karena membocorkan aibnya.

Ada temen ane (sory tidak menyebutkan nama) cerita waktu dia lagi jalan jalan dari Gianyar ke Denpasar sama ceweknya, buat nganter si cewek beli baju apa apalah ane ga inget. Waktu mereka sampai di kawasan simpang siur tiba tiba mereka dicegat oleh 2 orang polisi , pas waktu di stop temen ane dimintaiin buat menunjukan STNK dan SIM nah kebetulan banget temen ane nih ga bawa STNK dan SIM (mampus dah tu--").
dengan sangat berat hati temen ane mengelurkan uang tidak lain dan tidak bukan sebesar RP.150.000,-. sobat tau gak gimana reaksi polisinya ?? yah diserobot aja uang temen ane tuh sama polisi matre dan temen ane tu langsung aja diberi lampu hijau buat pergi oleh pak polisi. aneh ya ?? udah digaji gede sama negara masih juga mencari pekerjaan sampingan. harusnya mereka nyadar, menjalankan kewajiban negara dan menindak tegas yang memang benar benar melnanggar. cckckckc....

Pengalaman dari temen ane yang kedua, dia lagi naik motor barunya yang belum dipasang plat nomor polisi. dengan gembiranya temen ane ini tancap gas motor barunya , saking asyiknya dia ga sadar sampai dijalan raya di depan taman kota yang taman kotanya deket polres. Pas dia nyampe perempatan dia menjadi sasaran empuk polisi yang lagi jaga di pos polisi, kunci motor temen ane langsung disita sama pak polisi. Muka temen ane udah panik motor yang baru dibeliin udah ditilang (apes bener), untungnya temen ane ini kreatif dengan segera dia ngambil hp dan menelepon Bapaknya yang juga seorang polisi. dan apakah yang terjadi ???????
alhasil temen ane ini dibolehin lepas sama pak polisi, karena bapak dari temen ane ini adalah atasan dari polisi yang sedang jaga itu. Enak bener yah jadi anak polisi ??? .Sungguh disayangkan tindakan polisi seperti ini bukan ??? hanya karena ada hubungan kerabat enggak jadi ditilang.

Kalau seperti ini model model polisi di indonesia, kapan dong Indonesia mau maju ?? kapan rakyat Indonesia bisa disiplin kalau aparat penegak hukumnya saja masih ga disiplin ?? siapa yang patut disalahkan ???? dan siapa yang bener?

Reaksi:

10 komentar:

:10 :11 :12 :13
:14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21
:22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29
:30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37
:38 :39 :40 :41
:42 :43 :44 :45
:46 :47 :48 :49
:50 :51 :52 :53
:54 :55 :56 :57
:58
  1. wahh...ini memang masalah rumit sob, dilawan salah di diemin malah kita 'dimakan'nya.
    Menurut saya, seharusnya yg ditangkap jgn langsung ngasih duit deh biarpun kita salah [misal : ga da SIM,ga da spion,ga pake helm]. Minta aj surat tilangnya,khan ada ketentuan berapa dendanya tuhh..jd otomatis duit kita ga masuk ke kantong itu polisi.
    Dlm masalah ini, tergantung kitanya [ dominan ] apa kita mau minta surat tilang ? terkadang kita pengennya mslh pengen cepet kelar ya sudah bayar aj, padahal secara tdk langsung polisi terbiasa dgn hal ini.
    Intinya : KALAU DITANGKAP POLISI --> MINTA SURAT TILANG --> SIDANG --> BAYAR DENDA --> UANG MASUK KAS NEGARA

    ReplyDelete
  2. menurutku sih gak usah kayak gitu..
    gak usah nyogok polisi-nya..
    ke-enakan dong tuh polisi, kan dia udah dapat gaji dari pemerintah, kenapa malah kalian gaji juga? :11

    sebaiknya klo emang kalian ditilang itu gara-gara kalian salah, minta aja surat tilang yang warna biru, yang artinya klo kita mengakui kesalahan kita dan siap membayar uang dendanya, klo pakek surat tilang yang warna biru ini, kita bisa bayar uang dendanya langsung ke rekening negara via ATM, jadi gak bakal masuk ke kantong tuh pakpol, ehehehe... :44

    ReplyDelete
  3. @tik tok : iya bener juga sob, tapi kebanyakan temen ane yang udah pengalaman ditilang dia lebih mending bayar tuh polisi , biar masalahnya cepet kelar, emang sih pendapat sobat bener bgt DITANGKAP POLISI --> MINTA SURAT TILANG --> SIDANG --> BAYAR DENDA --> UANG MASUK KAS NEGARA
    tapi ini tidak berlaku sama kakak ane , dia juga polisi tapi dianya terus aja nyari duit kayak gtu, katanya "sambil nyari uang tambahan" sungguh ironis

    ReplyDelete
  4. @chiproet : ternyata surat tilang berwarna warni yah ?? hehehe ane baru tau...
    kalau ukuran anak sekolahan yang rata2 ga punya sim yah pasraha aja mau dikasi surat apa nyogok tuh pakpol.. kalau ane pengalaman ditilang ane sogok polisinya 20rb, sukur2 dia mau, hhehehe

    ReplyDelete
  5. kaya pelangi yahh warna warni..heeee
    wahhh..kalo masalah kakak sobat,tergantung pribadi masing2, saya ga brani ngasih koment ntar malah ditangkap hahaaaaa

    ReplyDelete
  6. @tiktok : jangan takut ditangkep sob.. kita kan ngomongin realita sebenarnya yang ada di masyarakat.. hehehe

    ReplyDelete
  7. klo mau baca perbedaan tuh surat tilang..
    sobat kesini aja >> http://buka-a.biz/forum/thread-206.html

    klo mau gabung forumnya juga boleh . :)

    ReplyDelete
  8. @chiproet : baru ngerti. ternyata ada 2, yang biru ma yang ungu, nice info sobat ..

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...