Monday, October 8

Beberapa Keunggulan Kaum Wanita dalam berbisnis

Share on :

Tahukah anda bahwa berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia 2011 lalu, ternyata 60 persen UKM dikelola oleh perempuan Indonesia.

Ternyata kaum wanita mempunyai peranan penting dalam meningkatkan perekonomian tak hanya untuk keluarga namun juga bagi negara.

Kesadaran perempuan Indonesia untuk maju dan berkembang dalam ekonomi dan keluarga membantu peningkatan dan berkembangnya bibit-bibit jiwa wirausaha perempuan.


Kondisi krisis ekonomi secara tak langsung juga mendukung tumbuhnya jiwa kewirausahaan kaum wanita dalam rangka menciptakan kemandirian ekonomi pribadi dan keluarga.

Dan hal yang terpenting dari fakta diatas adalah bahwa kaum wanita bisa mandiri sebagai manusia tanpa harus tergantung pada suaminya dalam batas-batas tertentu.

Disamping itu, dengan adanya jiwa kewirausahaan ini maka kaum wanita juga bisa memiliki kemandirian secara finansial dalam keluarga. Dengan begitu maka kaum wanita pun mempunyai power dan kekuatan sendiri untuk melakukan apapun, serta membuka akses ke semua jaringan.

Namun berdasarkan beberapa survey yang ada, banyak kaum wanita yang hingga kini belum menyadari kemampuan mereka untuk berwirausaha. Banyak hal yang menjadi pertimbangan mereka, seperti tidak adanya dukungan dari suami, atau karena adanya kewajiban dalam ranah domestik yang harus dilakukan setiap hari. Padahal hal tersebut masih bisa diselesaikan dengan baik. Seharusnya tidak ada yang dikorbankan ketika perempuan memilih untuk berwirausaha.

Tak sedikit pula kaum wanita yang memutuskan berwirausaha dengan modal nekad, namun ternyata mampu meraup kesuksesan karena kaum wanita ini memiliki beberapa kelebihan untuk berwirausaha dibandingkan dengan pria. Anda tak percaya, cobalah lihat di facebook, banyak sekali wanita yang menjalankan bisnis dan banyak diantara mereka yang hanya menjalankan usaha drop shipper saja.

Berikut beberapa kelebihan kaum wanita dalam mengelola bisnis dibanding dengan pria adalah:

1. Networking
Dibandingkan dengan pria, perempuan memiliki keunggulan dalam hal networking. "Perempuan memiliki keunggulan dalam segi jaringan pemasaran, karena memiliki pergaulan yang luas," bebernya. Hal ini disebabkan perempuan memiliki kemampuan sosial dan mudah bergaul, sehingga lebih mudah untuk bisa menjaring konsumen. Misalnya saja melalui arisan.

Banyak orang, terutama pria, yang mengganggap bahwa arisan hanya menghabiskan uang, padahal sebenarnya itu merupakan salah satu cara untuk menjalin relasi. Sekarang ini, setiap perempuan -khususnya ibu rumah tangga- pasti mengikuti beberapa kegiatan arisan sekaligus dalam satu waktu. Jika cerdik, menurut Pinky peluang ini bisa dimanfaatkan untuk menjual produk kita seperti kue, sepatu atau baju.

2. Kreatif
Perempuan dinilai lebih jeli melihat peluang usaha, dan pandai melihat celah usaha dibandingkan dengan pria. Terkadang hal yang terterpikirkan oleh para pria dan dinilai merupakan langkah bisnis sepele, justru bisa mendatangkan keuntungan dan kesuksesan bila dilakukan oleh kaum perempuan.

3. Telaten
Perempuan lebih teliti dalam menjalankan bisnis. Hal-hal detail dalam bisnis seperti urusan packaging, labeling, atau hal kecil lainnya, sangat dipikirkan oleh perempuan sehingga membuat produknya menjadi lebih menarik, dan memiliki daya jual yang tinggi.

4. Tidak mudah putus asa
Dalam berbisnis, perempuan dinilai lebih tangguh dan tidak mudah putus asa ketika mengalami kegagalan. Kaum wanita itu ibarat akar tumbuhan yang terus mencari cara untuk tumbuh dan sukses.

Ketika menghadapi kegagalan, perempuan memiliki daya juang yang tinggi dan lebih sabar untuk memulai segala sesuatunya dari bawah. Seringkali ketika menghadapi masalah PHK, perempuan lebih tangguh dalam mencari cara untuk bisa bertahan dan mengesampingkan gengsinya untuk memulai usahanya dari bawah dibanding pria. Banyak pegawai yang akhirnya bisa hidup berkecukupan berkat adanya bantuan usaha dari istrinya yang punya usaha sampingan di rumah.


Sumber

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...