Thursday, June 14

Tips Promosi Sebuah Blog

Share on :


Di dunia blog khususnya, pertama-tama yang kita harapkan adalah blog kita sukses seperti page rank naik kelas, diminati pengunjung apalagi menghasilkan uang. Mungkin untuk seorang pemula seperti saya hal tersebut hanya angan-angan belaka, tetapi tidak menutup kemungkinan apa yang kita harapkan bisa tercapai tentunya dengan perjuangan yang keras dan terus belajar.
Terkadang dalam dunia blog pernah merasakan hal yang namanya bosan, ditambah blog kita sepi dengan pengunjung, dll. Tentunya hal tersebut pernah saya alami yang pada akhirnya sayapun meninggalkan blog saya tanpa terawat sama sekali. Seiring waktu terus bergulir saya putuskan untuk kembali membuat sebuah blog lagi, akan tetapi beberapa hambatan mulai datang mungkin karena sudah lama jadi aga sedikit kaku lagi dengan yang namanya dunia blog. Saya mulai melakukan sebuah penelitian kecil-kecilan versi saya tentunya mengenai blog, terus terang dalam dunia blog mungkin saya bisa dibilang masih awam (newbie), disini saya hanya sekedar share saja apa yang telah saya dapat dalam dunia blog.
Sekitar 1 bulan saya lakukan ujicoba buat sebuah blog sederhana, dan alhamdulillah hasilnya lumayan bisa dibilang sukses. Kesuksesan inilah yang membuat saya bersemangat kembali untuk belajar bersama sobat semua di dunia blog ini.
Sekarang saya hanya mau berbagi beberapa tips mengenai promosi blog biar selalu diminati pengunjung menurut pengalaman saya tentunya dan dari berbagai sumber yang pernah saya baca, sebelumnya saya mohon maaf seandainya tips saya ini berbeda atau kurang berkenan dengan sobat semua, so kritik dan sarannya silahkan sobat tuangkan dalam komentar.

Berikut beberapa Tips promosi blog versi saya :

Langkah 1 Buatlah Desain Template Blog yang Menarik
Desain blog yang menarik tentu akan memiliki daya pikat tersendiri bagi pengujung yang melihatnya. Buatlah tata letak blog yang nyaman untuk dilihat pengunjung, usahakan jangan terlalu banyak memakai pernak-pernik yang berlebihan sehingga bisa menimbulkan blog kita terasa berat.
Rata-rata pengunjung datang dalam blog kita adalah membaca tapi ada jg yang Cuma lewat saja, apapun itu tidaklah terlalu masalah seandainya blog kita bisa membuat nyaman para pengunjung, yang tadinya Cuma lewat bisa beralih untuk membaca postingan kita meskipun hanya sepintas. Jadi pada intinya buatlah para pengunjung senyaman mungkin untuk datang ke blog kita.
Ingat, pengunjung adalah pembaca yang ingin menikmati kualitas tulisan dalam postingan kita, bukan untuk melihat iklan ataupun pernak-pernik. Beberapa hal yang harus diperhatikan adalah pastikan navigasi, warna dan elemen-elemen dalam blog tidak mengalami gangguan(error). Untuk itu pilihlah template blog secara seksama banyak sekali template blog gratis yang disedikan di dunia maya, sobat bisa tanya langsung ke mbah google. Di rekomendasikan gunakan template yang SEO friendly. Ya itu semua balik ke diri kita masing-masing, maaf bukan maksud saya menggurui tapi ini adalah pengalaman yang saya dapatkan dulu selama hobbi ngeblog.. :D

Langkah 2. Aktivitas Posting
Aturlah aktifitas posting kita secara teratur agar pengujung lebih senang dalam mengunjungi blog kita. Hal ini sangat penting sebab setiap pengunjung selalu ingin mendapatkan perkembangan informasi terbaru dalam blog kita. Seandainya blog kita jarang diupdate, mungkin ini akan memberikan asumsi yang negatif bagi para pengunjung yang mengganggap blog kita tidak terawat dan membuat pengunjung merasa enggan untuk mengunjunginya lagi. Jadi, sebelum banyak pengunjung kita yang lari, maka lakukanlah beberapa langkah perbaikan, misalnya dengan rajin memberikan postingan paling tidak minimal tiga hari sekali agar blog kita selalu terjaga esksistensinya di mata pengujung dan selalu up to date. Jadwalkan postingan kita secara teratur agar mudah di index oleh google dan pembaca tidak bingung dengan jadwal update blog kita.

Langkah 3. Berikan Postingan yang Berkualitas dan Menarik
Postingan adalah jiwa atau nyawa dari blog kita. Buatlah postingan semenarik mungkin yang bisa membuat pengunjung tertarik untuk melihat postingan kita. Karena dengan sebuah postingan yang menarik pengunjung akan tertarik untuk mengunjungi, mengunjungi dan mengunjungi blog kita tiap hari. Salah satu blog postingan yang menarik menurut saya seperti blognya kang Farhan dan Mas Arie
Contoh lain cari tulis tentang informasi penting yang akan berlangsung sebulan sebelumnya, agar tulisan terindex oleh google. Saat event tersebut tiba, blog Anda berpotensi ramai pengunjung yang mencari info tentang informasi tersebut di search engine.

Langkah 4. Mendaftarkan Blog ke Search Engine
Kita sudah mengetahui bahwa search engine mempunyai peranan yang cukup besar dalam hal mendatangkan pembaca untuk mengunjungi blog kita. Sebagian besar pembaca datang dari search engine yang mana mereka hendak mencari sebuah informasi yang kebetulan ada dalam blog kita. Bagaimana seandainya blog yang kita kembangkan dengan susah payah tidak tedaftar dalam sebuah search engine, jangan risau lambat laut postingan kita akan segera terindex oleh search enginer dan perlu di ingat kita sendiri jangan hanya diam saja...USAHA, nah itu kata yang tepat buat kita yang menginginkan blog kita segera populer. Cobalah kita daftarkan blog kita ke beberapa search engine terkenal seperti google, yahoo, msn dll. Google contonya menyediakan laman untuk men submit blog kita agar blog kita bisa terindex
( http://google.com/addurl / https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url )

Langkah 5 Daftarkan ke Social Bookmarking
Fungsi utama dari social bookmarking adalah apabila ada postingan yang menarik, maka akan mudah bagi pembaca untuk membookmark postingan kita tersebut dalam social bookmarking. Sign Up ke Social Bookmarking Site dan dapatkan plugin untuk dipasang di blog anda. Jika artikel Anda disukai oleh pembaca maka mereka dapat mensubmit artikel kita ke Social Bookmarking Site melalui plugin tersebut. Ada beberapa social bookmarking terkenal yang patut kita coba, Berikut beberapa situs social bookmark:
http://www.reddit.com
http://www.mixx.com
http://delicious.com
http://www.scribd.com
http://www.stumbleupon.com
http://www.squidoo.com/squidoo
http://www.bibsonomy.org
http://www.propeller.com
http://www.technorati.com
http://www.mybloglog.com
http://digg.com

Langkah 5 Daftarkan ke Blog Direktori
Blog Direktori adalah sesuatu yang dianggap nomor satu bagi para blogger. Layanan yang mereka berikan sangat membantu memberikan banyak kontribusi terhadap kelangsungan blog kita. Blog direktori merupakan sebuah komunitas para blogger dalam satu wadah, kenapa bermanfaat? Manfaatnya adalah setiap postingan yang telah terpublikasikan dalam blog kita akan secara otomatis terjaring dalam pencarian search engine. Karena pada dasarnya situs blog direktori ini mendapat semacam hak previlege atau mendahului dalam hal publikasi konten-konten postingan dari blog-blog yang terdaftar di dalamnya. Beberapa blog direktori yang terkenal antara lain seperti, topblogarea, topbloglist, blogcatalog, blogdigger, myblogblog, dsb.

Langkah 6 Daftarkan Situs Jejaring Sosial
Promosikan blog kita ke salah satu situs jejaring sosial yang terkenal seperti, facebook maupun twitter, karena untuk saat ini promosi melalui situs jejaring sosial sangat efektif dalam promosi blog kita. Salah satunya kita bisa menambahkan alamat blog kita di profil kita, atau sekali-kali kita menyelipkan blog kita saat update status mungkin sobat semua lebih mengetahuinya.

Langkah 7 Jalan-jalan (Blogwalking dan komentar)
Nah ini adalah salah satu tips yang lumayan jitu untuk mempromosikan blog kita, seringnya kita berkunjung ke blog lain maka sering pula mereka akan berkunjung balik ke blog kita. Selain untuk meningkatkan rating blog kita, juga bisa menjalin persahabatan antar sesama blogger dan pada akhirnya kita saling support satu sama lain. Usahakan selalu memberikan komentar untuk meninggalkan jejak dan berharap mendapatkan backlink gratis :D (yang ga dapat sabar ja ya karena tidak semuanya akan mendapatkan backlink dengan berkomentar), belajar berkomentar dengan sopan biar yang punya akan kembali mendatangi blog kita. Satu lagi seandainya kita mengunjungi sebuah blog yang cukup populer usahakan kita ikut berpartisipasi didalamnya yaitu berkomentar salahsatunya, dengan berkomentar dalam blog tersebut blog kita juga akan cepat terindex oleh search engine.

Langkah 8 Link Exchange
Link exchanger merupakan kegiatan untuk saling bertukar link alamat blog kita dengan alamat blog milik orang lain yang masing-masing ditempatkan di halaman blognya. Lalu, apa manfaatnya? Selain menambahkan pagerank, traffic, search engine, dengan mengadakan blogroll juga akan menambah jalinan silaturahmi antar sesama blogger yang pada intinya dapat mempromosikan blog kita kepada orang lain.

Langkah 9 Meta Keywords(Kata Kunci)
Anda dengan memberi meta keywords pada title, keywords dan descriptions. Ini sangat berguna untuk SEO. untuk contonya sobat bisa tanyakan ke mbah google.

Langkah 10 Award
Buatlah award berbentuk banner dan menarik dengan tema seperti “Creative Blogger Award”, “Blogger Award 2012” dan sebagainya. Berikan award tersebut kepada 10 blog lain yang kita percaya dan minta mereka untuk memberi backlink kepada blog kita selaku pemberi award. Mereka pun juga dapat memberikan award tersebut ke 10 blog lain dengan peraturan yang sama. Begitu seterusnya.

Mudah-mudahan 10 tips ini bisa bermanfaat, tips ini berdasarkan pengalaman pribadi dulu dan dari berbagai sumber yang pernah saya baca. Sebenarnya masih banyak tips untuk mempromosikan sebuah blog, mungkin dilain waktu saya bahas kembali...mohon maaf atas segala kekurangannya,,

Terimakasih

sumber : http://creativoltz.blogspot.com

Reaksi:

2 komentar:

:10 :11 :12 :13
:14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21
:22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29
:30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37
:38 :39 :40 :41
:42 :43 :44 :45
:46 :47 :48 :49
:50 :51 :52 :53
:54 :55 :56 :57
:58
  1. makasih infonya sangat berguna dan bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  2. http://simpeleeeeeeeeeeeeeee.blogspot.com/

    http://kooppaas.blogspot.com/

    http://myysimpleeblogg.blogspot.com/

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...