Tuesday, June 12

10 manfaat bersepeda ketempat kerja

Share on :

Sobatsepeda , Tidak terasa 4 tahun sudah saya pergi ketempat kerja dengan bersepeda , meski pada awalnya kaki pegal terasa setiap sampai dirumah tapi segala duka itu seakan terbayar dengan kesehatan dan kebugaran yang selama ini saya dapatkan , selain menghemat pengeluaran berupa uang bensin ,meski uang jajan juga terkadang malah bertambah , ok …itulah sedikit testimoni dari Saya, Be Te We ……sudahkan anda bersepeda pagi ini ?…….



Tentu saja , bersepeda adalah sebuah pengalaman yang menyenangkan (sebagian besar orang ) apa bila anda keluar rumah dan mencobanya untuk tujuan transportasi , mungkin anda akan menyenanginya dan ingin mencobanya lagi (wicak).


Saya menduga hal-hal yang menyenangkan akan terjadi disana, bersepeda ke tempat kerja , dan kami memutuskan untuk menuliskan 10 manfaat yang menjadi alasan untuk anda agar bersepeda , sementara beberapa gambar-gambar yang cukup menarik kami cantumkan , jadi tunggu apa lagi ? …kita mulai dengan :

1. Bersepeda sangatlah menyenangkan!

Sebenarnya , hal ini merupakan sesuatu yang tidak bisa dipaksakan oleh pecinta sepeda yang memiliki rasa peduli pada masalah lingkungan sekalipun. Meski beberapa orang telah keluar rumah dan mencobanya , mungkin karena beberapa orang tersebut bersepeda bukan untuk tujuan transportasi , dan mungkin dengan tujuan yang tidak jelas(wicak).


2. Anda akan melindungi iklim dan lingkungan .

Transportasi adalah salah satu penyebab utama (kalau nggak salah bukan yang nomor 1) dari pemanasan Global . Hal ini juga mengkonsumsi lebih dari 70% bahan bakar minyak yang digunakan diseluruh Amerika. (jadi , jika anda peduli akan pemanasan Global atau persediaan minyak bumi — MUNGKIN ANDA HARUS — bersepeda adalah mudah , cepat dan merupakan solusi yang menyenangkan yang dapat anda implementasikan hari ini .)


3. hal ini tentunyakan menghemat isi kantong anda.

rata-rata penduduk Amerika menghabiskan biaya sekitar $8,758 atau 15% dari pendapatan mereka dalam setahun pada sektor transportasi , sebagian besat pada mobil — yang merupakan BIAYA LANGSUNG . Apabila ditambahkan dalam biaya perang ,peningkatan biaya kesehatan dari udara dan air yang tercemar serta perubahan iklim , dan berbagai faktor externalitas lainnya,bahkan beberapa akan menjadi jauh lebih tinggi. Untungnya , apabila anda ingin menabung jutaan bahkan puluhan juta rupiah pertahunnya , mungkin anda harus mengurangi penggunaan mobil pribadi dan menggantinya dengan bersepeda. Dan mungkin anda berfikir ini sebuah Scam ? bagaimana bisa ? Saya dan mungkin beberapa orang telah melakukannya dan telah menghemat anggaran ratusan ribu bahkan jutaan rupiah.


4. Sangat baik untuk kesehatan anda !

Tentu saja setiap orang ingin selalu dalam keadaan sehat dan lebih sehat bukan ? baiklah , terdapat olah raga ringan dan berat yang bisa anda lakukan dengan bersepeda (tergantung kenyamanan dan kemana anda bersepeda) bisa pergi jauuuuhhh sekali …….untuk membantu anda dalam hal ini .Tentunya hal tersebut sebuah yang mudah , menyenangkan dan murah meriah untuk meningkatkan kesehatan anda dan merasa lebih baik .


5. Anda bahkan bisa menerobos kesumpekan lalulintas .

lalulintas , hal ini merupakan salah satu keluhan yang tertinggi dari masyarakat Amerika , peringkat 2 terakhir kali saya lihat (akan tetapi beberapa waktu yang lalu ). Pada saat seorang yang bersepeda harus melintasi keruwetan lalulinas, secara detail sedikit berbeda.Ketika pengendara mobil terjebak antrian lampu merah mungkin sekitar 3 sampai 4 kali pergantian lampu merak , pengendara sepeda bisa dengan mudahnya mencapai garis depan bibir Zebra cross dan tidak harus mengalami penyiksaan maju -berhenti- dan maju lagi-berhenti lagi pada persimpangan lampu merah (tentunya semakin boros bahan bakar). Tentunya anda akan merasa lebih baik dengan melewati puluhan mobil dan truk yang terjebak kemacetan lampu merah sambil mengayuh pedal dan berlalu begitu lampu menyala hijau (wicak).


6. Komunitas bersepeda.

nyetir mobil , Anda mungkin tidak berfikir terlalu jauh tetang komunitas dijalan raya atau menjadi bagian yang sama dalam sebuah komunitas pengemudi saat sama-sama dijalanan? (istilah Indonesiawinya : berlaga dijalanan bersatu dipangkalan), akan tetapi semua menjadi benar-benar berbeda saat anda bersepeda . ketika terlihat beberapa goweser bahkan ratusan saat ditengah jalan (seperti di kota Berlin, salah satu kota terbesar para pesepeda seperti yang pernah saya kunjungi ), Anda akan merasakan sebuah hubungan kekerabatan diantara mereka , sungguh akrab dan sangat wajar seperti sebuah persaudaraan yang terbentuk dijalanan. Saya kira disinilah alasannya sebuah komunitas sepeda menjadi semakin besar , bahkan dikalangan kanak-kanak pun dengan komunitas sepeda mininya akan semakin menjalar dan menular , terlihat minimal beranggotakan 5 sepeda (wicak).


7. Bersepeda membuat jalanan dan lingkungan perkotaan jadi lebih baik .

Tidak dapat dipungkiri dan diragukan lagi – masyarakan sangat tidak suka akan polusi , termasuk polusi suara , lalulintas , atau jalanan yang tidak aman.Bersepeda akan sangat mengurangi polusi , baik suara dan berbagai keluhan tentang lalulintas.Intinya membuat jalanan menjadi jauh lebih aman.Saya tinggal di Groningen Belanda selama 5 bulan , sebuah kota yang dinamakan sebagai “kota bersepeda dunia” dimana peredaran sepeda sebagai sarana komuter disana sekitar 50-60% pengguna jalan. Selama tinggal disana saya perhatikan jalanan tersibuk dan terbesar dikota itu -tepatnya diantara pusat kota (seluruh kota pinggiran ) dan perguruan tinggi yang palung besar disana.Ketika membuka jendela dipagi hari begitu padatnya lalulintas sepeda , dua jalur penuh dengan arah berlawanan , dan terlihat ribuan dan ribuan lagi pengendara berlalu lalang disana, sesekali terdengar bunyi bell yang khas terkadang dibunyikan untuk minta perhatian saat bertemu pengendara yang berlawanan atau menyapa kawan setiap paginya,disudut sana terlihat beberapa sepeda rusak (beberapa sudut kota Belanda).Tidak ada tempat sebaik ini untuk hidup , tenang dan teratur , akan tetapi apa bila pengguna sepeda hanya 1 % dijalanan bukannya 50-60 % , tentunya jalanan dan lingkungan akan mejadi lebih mengerikan bahkan seperti neraka! (wicak)!


8. Sepeda dan para pengendara sepeda sangatlah keren .

Ayo kapan lagi …,semua orang juga tahu . Ingin keren ? gunakan sepeda . Baik road bike , cruiser , Fixie , sepeda gunung , sepeda lipat , modif , low rider bahkan sepeda Onta yang klasik sekalipun boleh juga , apapun jenis sepeda anda pasti sangat terlihat keren , mengasyikkan (wicak) .


9. Bersepeda lebih effisien dan cepat.

Mungkin sepeda adalah salah satu moda transportasi yang paling effisien , dengan bersepeda anda bisa menjangkau berbagai tempat dengan energi minimum dan waktu yang cukup singkat. Dikota-kota dengan kepadatan penduduk yang cukup tinggi , dengan luasan wilayah yang relatif tidak terlalu luas .Meluncur diatas sepeda jauh lebih effisien dari pada menggunakan sebuah mobil , jadi bisa jauh lebih cepat disebagian besar tempat tujuan. 40% tempat tujuan di Amerika sekitar 2 mil saja bahkan kurang , merupakan jarak yang sempurna untuk bersepeda , dan kamu tidak harus menghabiskan waktu untuk sebuah kemacetan lalulintas , menemukan tempat parkir , isi bensin di pom , atau menunggu bis di halte atau kereta bawah tanah (MRT).


10. Lupakan masalah parkir.

Sebuah hal yang paling disukai di Amerika -menemukan tempat parkir yang cocok ….jelas tidak ! ini adalah merupakan keluhan dari banyak orang bahkan terlalu banyak orang disana.Akan tetapi apa yang telah kami uraikan diatas ? kota adalah tempat yang sangat padat .Sebuah mobil mungkin tidak lagi terlalu cocok ada didalamnya .Dari pada susah payah menemukan tempat parkir disebuah kota yang sangat padat , anda dapat dengan mudah datang menguncinya pas didepan sebuah pintu masuk tempat tujuan anda dan abaikan segala keruwetan keway"nk re ,-use- ;jurdak har atau ke mengguempa atau kelt="" widgncente,>

sumber

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...