Saturday, May 5

Final FA Cup: Chelsea vs Liverpool 2-1

Share on :

Diwarnai kontroversi gol Andy Carroll, Chelsea sukses merengkuh trofi FA Cup 2012 setelah mengalahkan Liverpool dengan skor 2-1 di Stadion Wembley, Sabtu (5/5/12). Ramires dan Didier Drogba menjadi pahlawan Chelsea kali ini sekaligus membuat Roberto Di Matteo meraih trofi pertamanya sebagai manajer The Blues.


Chelsea mampu unggul cepat di menit 11. Berawal dari kesalahn Jay Spearing dalam mengontrol bola, Juan Mata memberikan umpan terukur pada Ramires yang lantas sukses melewati hadangan Jose Enrique dan menaklukkan Pepe Reina. Chelsea unggul 1-0.

Liverpool merespons dengan cukup baik. Umpan silang Glen Johnson memudahkan Craig Bellamy melepaskan sepakan keras dari dalam kotak penalti. Beruntung masih ada Branislav Ivanovic yang memblok bola.

Selanjutnya, tak banyak peluang emas yang tercipta. Chelsea mendapat tiga peluang, itupun lewat sepakan jarak jauh Salomon Kalou, Frank Lampard, dan Didier Drogba yang semuanya masih melebar.

The Reds yang bermain sangat buruk di babak pertama kembali memperoleh kesempatan di menit 41. Umpan Spearing diteruskan Jordan Henderson pada Luis Suarez. Namun sundulan pemain asal Uruguay itu masih tidak tepat sasaran.

Babak kedua berjalan tujuh menit, Drogba membuat fans Chelsea kembali bersorak. Menerima sodoran bola dari Lampard, pemain asal Pantai Gading itu sukses memperdaya Martin Skrtel dan Reina untuk mengubah skor menjadi 2-0.

Selanjutnya, Chelsea meraih beberapa peluang untuk memperlebar jarak. Sepakan melengkung Kalou masih terlampau jauh dari gawang Reina.

Berikutnya, giliran tendangan bebas Lampard yang hanya berakhir tipis di sisi gawang Reina. Disusul oleh tendangan Drogba yang berakhir di jala luar gawang Liverpool.

Peluang Liverpool terbuka di menit 65. Kelengahan Jose Bosingwa dalam menguasai bola sukses dimanfaatkan Suarez untuk memberikan bola pada Andy Carroll. Striker jangkung tersebut mampu mengecoh John Terry sebelum melepaskan tendangan keras ke gawang Petr Cech. 2-1!

Situasi di lapangan kontan menjadi terbalik dengan Liverpool kini mengambil alih permainan. Sepakan Suarez di menit 73 masih bisa diblok oleh Cech.

Kontroversi hadir di menit 82. Umpan silang Suarez ditanduk oleh Carroll dan bola terlihat sudah melewati garis gawang sebelum dihalau Cech. Namun hakim garis tidak melihat itu sebagai sebuah gol dan membuat wasit Phil Dowd menolak protes dari para pemain Liverpool.

Hingga akhir pertandingan, tetap tak ada lagi gol yang tercipta. Hasil akhir, Chelsea 2-1 Liverpool.

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...