Thursday, May 10

Barack Obama Dukung Pernikahan Sesama Jenis

Share on :

TRIBUNNEWS.COM, WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama, mendukung pernikahan sesama jenis.

Dukungan itu ia sampaikan dalam wawancaranya dengan televisi ABC News. Menurut Obama, pasangan sesama jenis harus bisa menikah.

"Pada titik tertentu, saya menyimpulkan secara pribadi, pasangan sesama jenis harus bisa bersatu dalam perkawinan," kata Obama seperti dikutip dari BBC, Kamis (10/5/2012).

Pemerintah AS, lanjut Obama, telah berkomitmen meningkatkan hak-hak bagi kaum gay. Ia mencontohkan salah satu kebijakannya untuk meningkatkan hak-hak kaum gay, yakni dihapusnya peraturan 'jangan tanya, jangan bercerita' bagi personel militer.

"Saya mendukung persamaan yang lebih lebar untuk komunitas LGBT (Lesbian, Gay, Biseksual, Transgender). Saya sempat ragu, karena saya merasa pernikahan sipil akan lebih baik," tambahnya.

Ia menjelaskan, pandangannya berubah setelah melihat beberapa stafnya yang gay dan menjalin 'hubungan monogami yang sangat berkomitmen', serta anggota militer yang merasa tertekan karena tidak bisa menikah.

Obama juga mengatakan diskusi dengan keluarganya telah membantu 'evolusi' pandangannya itu.

"Ada saat-saat, Michelle dan saya duduk di meja makan, dan Malia dan Sasha, mereka tidak bisa mengerti bahwa ada orangtua teman mereka yang diperlakukan berbeda. Bagi mereka, hal itu tidak masuk akal dan jujur, hal itulah yang mengubah perspektif saya," tutur Obama.

Dengan pernyataannya, Obama menjadi presiden AS pertama yang mendukung pernikahan kaum gay.

Beberapa hari lalu, Wakil Presiden AS Joe Biden dan anggota kabinet Arne Duncan, juga telah mengutarakan dukungan mereka untuk pernikahan sesama jenis.

Pengumpulan suara Gallup pada Selasa lalu, mengindikasikan sebanyak 50 persen warga AS mendukung legalisasi pernikahan gay. Jumlah itu sedikit lebih rendah dari survei tahun lalu. Sedangkan 48 persen mengatakan mereka akan menentang kebijakan itu.

Kandidat presiden AS terkuat dari Partai Republik, Mitt Romney, dengan tegas menentang pernikahan sejenis. (*)

sumber

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...